Sabtu, 01 Juni 2019

Inilah Bacaan Niat Mandi Sunah Hari Raya Idul Fitri besrta Artinya



MediaWeb4U-Selamat malam para pengunjung dimana saja anda berada, Semoga selalu dalam keadaan sehat, Amin. Dan tak ada yang berkurang suatu apapun. Mediaweb4u kemarin sudah berbagi mengenai "Cara Mudah Pasang Iklan Adsense Dalam Postingan dibawah Judul Artikel Sebelah Kiri", Bagi para publisher adsense, jika anda yang belum mengenal apa google adsense, silahkan disimak artikelnya DISNI. Baiklah pada kesempatan malam ini MediaWeb4U akan share "bacaan niat mandi buat shalat hari raya idul fitri". Idul fitri berasal dari bahasa Arab yaitu عيد الفطر Idul Fitri, di Indonesia popularnya dengan kata "Lebaran" Idul fitri atau lebaran merupakan hari raya nya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah.

Semua umat islam pasti bersukaria dalam menyambut datangnya hari raya idul fitri, karena hari raya idul fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim, kemenangan atas suksesnya menjalankan ibadah dibulan ramadhan sebulan penuh, seperti puasa, shalat tarawih, i'tikap, zakat fitrah, membaca Al-Qur'an, dst. Baiklah kita langsung saja ke tema tadi "Bacaan Niat Mandi Sunah Hari Raya Idul Fitri besrta Artinya".

MediaWeb4U-Selamat malam para pengunjung dimana saja anda berada, Semoga selalu dalam keadaan sehat, Amin. Dan tak ada yang berkurang suatu apapun. Mediaweb4u kemarin sudah berbagi mengenai "Cara Mudah Pasang Iklan Adsense Dalam Postingan dibawah Judul Artikel Sebelah Kiri", Bagi para publisher adsense, jika anda yang belum mengenal apa google adsense, silahkan disimak artikelnya DISNI. Baiklah pada kesempatan malam ini MediaWeb4U akan share "bacaan niat mandi buat shalat hari raya idul fitri". Idul fitri berasal dari bahasa Arab yaitu عيد الفطر Idul Fitri, di Indonesia popularnya dengan kata "Lebaran" Idul fitri atau lebaran merupakan hari raya nya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah.    Semua umat islam pasti bersukaria dalam menyambut datangnya hari raya idul fitri, karena hari raya idul fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim, kemenangan atas suksesnya menjalankan ibadah dibulan ramadhan sebulan penuh, seperti puasa, shalat tarawih, i'tikap, zakat fitrah, membaca Al-Qur'an, dst. Baiklah kita langsung saja ke tema tadi "Bacaan Niat Mandi Sunah Hari Raya Idul Fitri besrta Artinya".        Untuk bacaan niatnya mandi sunah idul fitrinya seperti ini ;  نويت الغسل سنة لعيد الفطر لله تعالى "Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala (Saya niat mandi sunnah untuk idul fitri karena Allah ta’ala).”    Mandi disini bukan seperti mandi biasa, tapi seperti mandi dalam menghilangkan hadas besar. jadi kita harus niat terlebih dahulu untuk shalat idul fitri, lalu mengairkan air ke seluruh badan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki sampai lipatan-lipatan kakinya harus terkena air.     Untuk waktu pelaksanaan mandi idul fitrinya ialah mulai dari pertengahan malam Idul fitri hingga sebelum pelaksanaan shalat idul fitri, Afdolnya sih setelah fajar/ subuh.     Adapun hadist yang menganjuran mandi sebelum melaksanakan sholat hari raya idul fitri ialah;    عَنْ الفَا كِهِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ النَّبِّىَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ  Artinya :  "Dari Fakih bin Sa'ad, Bahwa sanya Nabi Saw, mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Fitri dan pada hari raya Haji." ( H.R Abdullah bin Ahmad )    Dari hadist diatas diterangkan bahwa Rasulullah saw, Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Idul Fitri dan Pada hari raya Idul Adha. dan berikut ini merupakan hadist lain yang artinya: Dari Ali bin Abi Thalib, "Seseorang pernah bertanya pada Ali radhiyallahu 'anhu mengenai mandi. Ali menjawab, "Mandilah setiap hari jika kamu mau." Orang tadi berkata, "Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?" Ali menjawab, "Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri."    Nah itulah bacaan niat buat mandi hari raya idul fitri, semoga bermanfa'at.

Untuk bacaan niatnya mandi sunah idul fitrinya seperti ini ;

نويت الغسل سنة لعيد الفطر لله تعالى

"Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala (Saya niat mandi sunnah untuk idul fitri karena Allah ta’ala).”

Mandi disini bukan seperti mandi biasa, tapi seperti mandi dalam menghilangkan hadas besar. jadi kita harus niat terlebih dahulu untuk shalat idul fitri, lalu mengairkan air ke seluruh badan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki sampai lipatan-lipatan kakinya harus terkena air. 

Untuk waktu pelaksanaan mandi idul fitrinya ialah mulai dari pertengahan malam Idul fitri hingga sebelum pelaksanaan shalat idul fitri, Afdolnya sih setelah fajar/ subuh. 

Adapun hadist yang menganjuran mandi sebelum melaksanakan sholat hari raya idul fitri ialah;

عَنْ الفَا كِهِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ النَّبِّىَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ
Artinya :
"Dari Fakih bin Sa'ad, Bahwa sanya Nabi Saw, mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Fitri dan pada hari raya Haji." ( H.R Abdullah bin Ahmad )

Dari hadist diatas diterangkan bahwa Rasulullah saw, Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Idul Fitri dan Pada hari raya Idul Adha. dan berikut ini merupakan hadist lain yang artinya: Dari Ali bin Abi Thalib, "Seseorang pernah bertanya pada Ali radhiyallahu 'anhu mengenai mandi. Ali menjawab, "Mandilah setiap hari jika kamu mau." Orang tadi berkata, "Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?" Ali menjawab, "Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri."

Nah itulah bacaan niat buat mandi hari raya idul fitri, semoga bermanfa'at.

Comments
0 Comments